Biak (ANTARA) - Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Kabupaten Biak Numfor, Papua menargetkan kepengurusan baru induk olahraga Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Biak periode 2019 hingga 2023 dapat terbentuk pada Agustus 2019 sebagai persiapan untuk penyelenggaraan PON Papua 2020.

"Batas waktu pembentukan KONI Biak yang diberikan KONI Papua paling lambat Agustus 2019, ya jika deadline ini tidak direalisasikan maka kepengurusan KONI Biak tidak terdaftar alias kosong," ujar Pelaksana tugas Kepala Dinas Pemuda Olahraga Biak, Drs Yohan Yarangga di Biak, Minggu.

Ia mengakui draf struktur kepengurusan KONI Kabupaten Biak Numfor sudah disiapkan Dispora tinggal menunggu persetujuan Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap sebelum diserahkan kepada Ketua Umum KONI Papua di Jayapura.

IPembentukan induk olahraga KONI Kabupaten Biak Numfor sangat mendesak mengingat semakin dekatnya persiapan penyelenggaraan PON XX Papua 2020.

"Saya optimistis bulan Agustus 2019 struktur KONI Biak Numfor sudah dikeluarkan SK kepengurusan oleh Ketua Umum KONI Provinsi Papua yang juga Gubernur Lukas Enembe," ujarnya.

Kabupaten Biak Numfor telah ditetapkan sebagai salah satu tempat penyelenggara pertandingan PON Papua 2020

Sedikitnya ada enam cabang olahraga yang akan dipertandingkan di kluster Biak diantaranya terjun payung, aeremodeling, judo, gulat, selam pantai dan selam laut.

"Saya berharap kepengurusan KONI Biak Numfor segera disahkan sehingga menjadi jembatan untuk komunikasi antara Pemkab Biak Numfor dengan KONI untuk mendukung persiapan penyelenggaraan PON XX Papua 2020 di kluster Biak," ujarnya.

Berdasarkan data, kepengurusan KONI Kabupaten Biak Numfor periode 2014 hingga 2018 dengan Ketua Umum eks Bupati Thomas AE Ondy dan Ketua Harian Lot L.Yensenem telah habis masa jabatan kepengurusan sehingga sampai saat ini masih kosong.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024