Biak (ANTARA) - Persediaan sapi di Kabupaten Biak Numfor, Papua, hingga H-2  masiih mencukupi bagi kaum muslim yang ingin berkurban di hari raya Idul Adha 1440 Hijriyah.

"Kebutuhan sapi kurban di Biak masih disediakan para peternak lokal dari berbagai kampung," kata Pelaksana harian Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Biak Marheines Wabiser dihubungi di Biak, Jumat (9/8).

Ia mengakui, para panitia kurban dari sejumlah masjid ketika akan membutuhkan sapi dan kambing untuk kebutuhan kurban langsung mencari sendiri ke peternak di berbagai kampung dan distrik.

Wabiser pun mengakui, menjelang hari raya Idul Adha, persediaan hewan kurban masih tersedia di kalangan peternak lokal yang tersebar di berbagai kampung.

"Semua kebutuhan hewan kurban untuk umat Islam di berbagai masjid tetap terjaga kesehatan dan bebas dari penyakit ternak," ujarnya.

Beberapa takmir masjid di Biak sudah menyediakan hewan kurban untuk kebutuhan jamaah muslim melaksanakan kurban hari raya Idul Adha 1440 H.

Hingga, Jumat H-2 lebaran harga hewan kurban sapi mengalami kenaikan dari ukuran sedang Rp18,5juta naik menjadi Rp20 juta/ekor sedangkan ukuran besar berkisar Rp22 juta/ekor.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024