Asmat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Asmat, Provinsi Papua, menyerahkan aspirasi masyarakat terkait pemekaran Provinsi Papua Selatan kepada salah seorang anggota DPR RI Komarudin Watubun di Agats, Senin (25/11).

Penyerahan dokumen aspirasi dilakukan oleh Bupati Asmat Elisa Kambu, yang didampingi Wakil Bupati Thomas Eppe Safanpo dan tokoh masyarakat di halaman Museum Budaya setempat.

Anggota DPR RI daerah pemilihan Papua Komarudin Watubun mengatakan bahwa kehadirannya di Agats dalam rangka melaksanakan kunjungan kerja sekaligus menghadiri festival budaya Asmat.

“Selaku anggota legislatif dari Papua sudah tentu saya siap meneruskan aspirasi masyarakat. Dokumen ini akan saya serahkan kepada teman-teman di Komisi II DPR RI,” kata Komarudin.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) itu mengakui jika masyarakat di selatan Papua sudah cukup lama mendambakan pemekaran Provinsi Papua Selatan. Karenanya  aspirasi tersebut akan sama-sama diperjuangkan, sehingga harapan masyarakat terpenuhi.

“Yang terutama ialah pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat mendukung penuh apa yang telah diaspirasikan, sehingga semuanya berjalan maksimal dan lancar,” ujarnya.

Bupati Asmat Elisa Kambu mengharapkan agar dokumen aspirasi pembentukan daerah otonomi baru (DOB) Provinsi Papua Selatan dari Asmat dapat diterima dan ditindaklanjuti oleh Komisi II DPR RI.

Ia juga mengharapkan agar anggota parlemen dari daerah pemilihan Papua dapat mendukung serta mendorong program-program pemerintah pusat di wilayah Papua, termasuk ke Kabupaten Asmat.

“Pembangunan di Tanah Asmat semakin baik, karena kami pemerintah daerah konsisten membangun tanah ini. Kami juga siap bersinergi dengan pemerintah pusat, termasuk melalui DPR RI,” kata Bupati Elisa. (*/adv)

Pewarta : Emanuel Riberu
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024