Wamena (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua menginginkan agar PT. Telkomsel segera bersinergi dengan memfungsikan jaringan Palapa Ring dan mendistribusikan layanan internet yang lebih memadai kepada masyarakat.

Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Rabu, mengatakan dengan adanya Palapa Ring, Telkomsel tidak akan lagi kesulitan untuk penyediaan jaringan internet seperti yang menjadi keluhan mereka selama ini.

"Kalau Palapa Ring sudah aktif, kita minta Telkomsel harus segera mengkoneksikan jaringan mereka dengan Palapa Ring lalu membagikan kepada masyarakat," katanya.

Jhon mengatakan permintaan dukungan dari Telkomsel kepada Kementerian Kominfo melalui Pemerintah Jayawijaya sudah disampaikan.

"Kami akan coba surati untuk menanyakan Telkomsel terkait tindak lanjut surat terdahulu," katanya.

Jhon mengakui saat ini jaringan Palapa Ring sudah aktif namun kemungkinan belum disambungkan dengan jaringan Telkomsel lalu dibagikan kepada masyarakat karena belum stabil.

"Palapa Ring mulai aktif atau dalam transisi percobaan. Jadi mungkin Telkomsel sendiri belum fokus ke situ karena kadang-kadang jaringan hilang," katanya.

Menurut dia, kesulitan yang dialami Telkomsel adalah karena mereka menggunakan satelit tersendiri.

"Palapa Ring saya pikir jualnya tidak mahal. Daripada dia bilang menggunakan dana yang besar, menggunakan satelit langsung, mendingan dia beli di Palapa Ring lebih murah," katanya.

Sebelumnya, pemerintah dan pihak terkait telah melakukan uji coba jaringan Palapa Ring di Jayawijaya.
 

Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024