Jayapura (ANTARA) - Duta Besar RI di Papua Nugini (PNG) Andriana Supandi mengaku ada sekitar 4.500 pekerja migran Indonesia yang bekerja  berbagai kota di negara tetangga itu.

"Namun untuk memastikan rincian  berapa jumlah pastinya kami masih menunggu laporan dari pihak imigrasi PNG," kata Dubes RI Andriana Supandi kepada Antara di Jayapura, Minggu. 

Dubes Andriana para pekerja migran asal Indonesia itu banyak yang bekerja di sektor kehutanan, dan pertambangan serta sektor lainnya. 

Ketika ditanya berapa banyak pekerja migran yang di PHK atau kontraknya tidak diperpanjang akibat pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia, Dubes Supandi mengaku belum bisa memastikan. 

"Kedubes RI di PNG siap membantu memfasilitasi pemulangan mereka ke Indonesia, "aku Supandi seraya menambahkan saat ini pekerja migran yang sudah kembali ke Indonesia sekitar 72 orang. 

Pemulangan tenaga kerja migran Indonesia ada yang langsung dari Port Moresby ke Jakarta dan ada yang melalui PLBN Skouw, Jayapura, seperti halnya yang dilakukan 41 pekerja migran yang tiba Sabtu (27/6). 

Para pekerja migran itu setibanya di PLBN Skouw langsung dilakukan tes cepat guna mengetahui apakah ada yang terjangkit COVID-19 atau tidak. 

"Pemeriksaan itu sesuai dengan protokol kesehatan dalam hal penanganan COVID-19, "jelas Dubes Supandi. 

 

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024