Jayapura (ANTARA) - Dinas Perindustrian Perdagangan Koperadi (Disperindagkop) dan UKM Kota Jayapura sementara mengupayakan tempat penjualan noken/galeri showcase untuk seluruh pengrajin noken di kota setempat

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperadi (Disperindagkop) dan UKM Kota Jayapura, Robert L. N. Awi di Jayapura Selasa, mengatakan galeri showcase untuk seluruh pengrajin noken di Kota Jayapura, galeri itu sudah diusulkan melalui alokasi dana otonomi khusus.

"Lokasinya galerinya rencananya nantinya di samping Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Sapol PP) Kota Jayapura. Galeri itu dikhususnya untuk seluruh pengrajin noken yang ada di Kota Jayapura, dengan ada tempat untuk memasarkan nokennya," ujarnya.

Untuk pembinaan bagi pengrajin noken, menurut Robert, pihaknya sudah dilakukan sejak 2015 lalu. Setiap tahun piahknya melakukan pendampingan lalu memberikan bantuan kepada para pengrajin noken di Kota Jayapura.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga memberikan pelatihan-pelatihan bagi mama-mama pengrajin noken tapi juga kepada seluruh pengrajin noken lainnya di kota ini untuk mengembangkan kreatvitas mereka dalam merajut noken.

Ia menambahkan, menjelang PON XX yang akan dillakukan pada 2021 pihaknya terus berupaya mendorong pengembangan kreativitas noken. Dengan begitu, para atlit dan pelatih serta mereka yang datang ke Kota Jayapura untuk kegiatan PON nanti pulang dengan membawa noken.

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano mengatakan pihaknya akan terus mengupayakan tempat khusus bagi mam-mama pengrajin noken agar mereka bisa menjual hasil karyanya dengan baik,ditempat yang layak.

Pewarta : Musa Abubar
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024