Jayapura (ANTARA) - Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Provinsi Papua yang diselenggarakan di halaman parkir RSUD Dok II Jayapura, diikuti oleh 20 relawan.

Pantauan di lapangan, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono menjadi orang pertama yang diperiksa dan diberikan vaksin.

Selanjutnya, perwakilan dari jajaran Pemerintah Provinsi Papua yakni Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua Christian Sohilait.

Lalu di antaranya perwakilan IDI Papua, Polda Papua, Dinas Kesehatan, pihak manajemen rumah sakit swasta di Jayapura hingga relawan termuda yang mewakili kalangan milenial dan terakhir dari perwakilan wartawan.

Baca juga: Pangdam XVII/Cenderawasih ajak masyarakat divaksin

Ketua Panitia Pelaksanaan Vaksinasi Provinsi Papua dr. Silvanus Sumule di Jayapura, Jumat, mengatakan para relawan yang akan divaksin sebelumnya diperiksa kondisi kesehatannya.

"Jadi jika ada relawan yang tidak memenuhi standar kesehatan maka akan diberikan jatah vaksinnya kepada relawan lain yang lebih sehat," katanya yang juga merupakan Juru Bicara Satgas Penanganan dan Pengendalian COVID-19 Provinsi Papua.

Menurut Silvanus, setelah pelaksanaan vaksinasi perdana di Papua ini maka selanjutnya seluruh kabupaten dan kota akan mulai bergerak.

"Jadi kami akan melaksanakan secara simultan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan dibuat oleh Kementerian Kesehatan," ujarnya.

Baca juga: Kadis Pendidikan Papua imbau guru jangan takut divaksin COVID-19

Dia menambahkan rencananya pemberian vaksinasi ini juga akan dilaksanakan secara serentak di kabupaten dan kota yang sudah menerima vaksin.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024