Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Ketenagakerjaan saat ini melatih 60 orang pencari kerja (pencaker) di bidang komputer dan mengemudi.
 
Pelatihan yang dilakukan selama tiga minggu bekerjasama dengan pusat pelatihan yang ada dan bagi pencaker yang mengikuti pelatihan mengemudi akan diikutsertakan dalam program magang.
 
Walikota Jayapura Benhur Tomi Mano ketika membuka pelatihan, Kamis, berharap para peserta benar-benar mengikuti pelatihan dengan bersungguh-sungguh hingga nantinya dapat diserap dilapangan kerja.
 
Dengan kondisi pandemi COVID-19 yang musih melanda seluruh dunia menyebabkan jumlah pencari kerja makin meningkat sementata ketersediaan kesempatan kerja terbatas.
 
Di Kota Jayapura saat ini tercatat 9.074 pencari kerja, kata BTM seraya berharap mereka yang sudah mengikuti pelatihan visa membuka lapangan pekerjaan.
 
Gunakan kesempatan ini sebaik mungkin dengan banyak berlatih dibidangnya hingga nantinya dapat menambah ketrampilan yang dimilikinya, harap Walkot BTM.
 
Kepala Dinas Tenaga Kerja Joni Naa dalam laporannya mengatakan, para peserta adalah penduduk ber KTP Kota Jayapura karena itu yang menjadi syarat keikutsertaan dalam pelatihan tersebut.
 
Memang kami membatasi peserta hanya yang ber KTP Kota Jayapura saja yang boleh mengikuti pelatihan, kata Joni Naa.

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024