Wamena (ANTARA) - Manajemen PT.PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Wamena Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua telah menyiapkan langkah antisipasi untuk mengatasi gangguan listrik selama perayaan natal dan tahun baru 2021.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Wamena Robert J Mofu di Wamena,Selasa, mengatakan pihanya sudah melakukan apel siaga dengan melibatkan mitra-mitra terkait untuk mempersiapkan pelayanan optimal jelang natal dan tahun baru.

"Hari ini kita apel kesiapan kita tetapi juga mitra kerja kita dari setiap peralatan yang selalu digunakan tetapi juga terkait keamanan alat pelindung diri, keselamatan kerja kami lihat cukup baik. Kita berharap dengan pengecekan ini akan menunjang kesiapan kita sampai natal dan tahun baru," katanya.

Ia memastikan titik-titik yang rawan terjadi gangguan seperti pohon tumbang dan mengakibatkan pemadaman listrik juga sudah dipetakan sehingga akan disiagakan personel untuk mengantisipasi.

Robert mengakui jelang natal akan terjadi peningkatan beban penggunaan listrik namun hal itu tidak akan mengakibatkan pemadaman akibat kekurangan daya.

"Sampai hari ini daya mampu kita cukup, jadi rata-rata sekitar 1,5 mega daya stand by kita. Jadi beban kita hampir sekitar 7 mega, sementara daya mampu kita hampir 9 mega," katanya.

Sementara itu, Manager Bidang Jaringan PLN Wamena Utrecht Z I Korwa memastikan hingga memasuki Desember kesiapan jaringan cukup normal.

"Dalam arti untuk gangguan jaringan itu sudah diminimalisir sekitar 100 persen kita aman dari sisi jaringan utama tegangan menegah 20 KV dari pembangkit keluar," katanya.

Ia memastikan sedang dilakukan pembersihan pohon-pohon yang dapat mengakibatkan terjadinya gangguan listrik. Pembersian dilakukan ke arah Bolakme, Megapura.

"Secara keseluruhan kita hampir rata-rata gangguan pohon yang kita harus antisipasi lagi untuk kondisi sekarang," katanya.

Utrecht memastikan sebagian besar Jayawijaya sudah dijangkau listrik PLN, bahkan ke daerah pinggiran yang berbatasan dengan kabupaten tetangga.

"Misalnya di Bpiri sudah sampai, Kurima juga sementara proses membangun, itu sudah sampaikan kampung perbatasan Kabupaten Yahukimo dengan kita, itu sementara dibangun," katanya.
 

Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024