Jayapura (ANTARA) -
Koramil 1708-02/Biak Utara mengawal kegiatan Kemoprofilaksia dan sosialisasi seputar kusta kepada masyarakat di Kampung Rosayendi, Distrik Biak Utara, Kabupaten Biak Numfor.
 
Babinsa Koramil 1708-02/Biak Utara Sertu Frans Dimara dalam siaran pers kepada Antara di Jayapura, Senin mengatakan guna mensukseskan program pemerintah pihaknya ikut berpartisipasi.
 
"Demi suksesnya program pemerintah yang diselenggarakan oleh puskesmas dan demi kesehatan masyarakat binaan kami siap mendukung sosialisasi tersebut, " katanya.
 
Menurut Frans, kusta merupakan penyakit menular sehingga harus diobati dengan baik dan benar.
 
"Kegiatan deteksi informasi seputar kusta dan kemoprofilaksis adalah kegiatan pencegahan gejala kusta atau lepra dan cara pengobatan," ujarnya.
 
Dia menjelaskan pada kegiatan tersebut juga dilakukan pelayanan posyandu lansia yang mana pemeriksaan kesehatan secara berkala.
 
"Kami juga mengawal pelayanan posyandu kepada lansia, " katanya lagi.
 
Sementara itu, Dokter Puskesmas Biak Utara dr. Helga mengatakan angka gejala penyakit kusta Kampung Rosayendi sangat tinggi se-Distrik Biak Utara.
 
 "Masyarakat serta aparat kampung dan petugas kesehatan mengucapkan banyak terima kasih kepada aparat keamanan karena sudah ikut serta dalam kegiatan sehingga dapat berjalan dengan lancar," katanya.
 
 

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024