Jayapura (ANTARA) - Babinsa Koramil 1708-03/Biak Barat Sertu Yahya mengikuti prosesi adat pemberian mas kawin atau mahar perkawinan di Kampung Womdori, Distrik Biak Barat, Kabupaten Biak Numfor, Papua, Sabtu.

Sertu Yahya dalam siaran pers penerangan Kodim Biak Numfor di Jayapura, Minggu menyebutkan pemberian mas kawin merupakan salah satu tradisi masyarakat Papua yang telah ada sejak dahulu.

Sampai sekarang masih terus terjaga dan dipelihara dan saat ini sedang dilakukan menjelang pernikahan dari keluarga Rumbiak (mempelai dari keluarga laki-laki) memberikan mas kawin kepada keluarga Obinaru (pihak perempuan).

Dia menjelaskan kehadiran pihaknya pada acara adat merupakan bukti dan wujud nyata kedekatan Babinsa dengan masyarakat di wilayah binaan.

"Dan tetap jalinan silaturahmi yang baik antara TNI dan warga terus dipelihara," ujarnya.

Dia menambahkan pihaknya diterima baik di tengah-tengah masyarakat sehingga di harapkan kedekatan antara TNI dan warga nantinya semakin erat dalam kekeluargaan.

Sementara itu selaku kepala keluarga mempelai wanita, Otto Obinaru mengapresiasi kehadiran Babinsa saat prosesi adat menjelang hari pernikahan putri nya.

"Kami harapan kedepannya kedekatan dan keakraban antara TNI dan rakyat tetap terjaga," katanya.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024