Jakarta (ANTARA) - Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri menyatakan seluruh penumpang pesawat Susi Air jenis Pilatus Porter PK-BVM yang mengalami kecelakaan di rute Timika-Duma dinyatakan selamat dan sudah mendapatkan perawatan medis di RSUD Mimika.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan di Jakarta, Kamis, mengatakan dari tujuh penumpang selamat, tiga penumpang dan pilot mengalami luka patah kaki, sedangkan tiga penumpang lainnya mengalami luka-luka, dan sekarang sudah mendapatkan pengobatan di RSUD Kabupaten Mimika.

"Kecelakaan yang dialami pesawat Susi Air dengan Pilot Dayle Peter Houzet terjadi sekitar pukul 08.20 WIT," katanya.

Menurut Ramadhan, dalam proses evakuasi, personel gabungan Badan SAR Nasional (Basarnas) berhasil menemukan titik koordinat pesawat milik PT Asi Pudjiastuti Aviantion di posisi Co 04°02’54.00″S/136°43’06.00″E.

"Tim gabungan langsung melaksanakan proses evakuasi menggunakan Helikopter TNI AU jenis EC-725/HT-7202 dengan pilot Mayor Pnb Adam Hardiman. A," ujarnya.

Dia menjelaskan pada pukul 12.06 WIT, Helikopter TNI AU EC-725/HT-7202 dengan membawa tujuh korban kecelakaan saat mendarat (total lost) pesawat Susi Air (Pilatus Porter PC-6) PK BVM milik PT Asi Pudjiastuti Aviantion.

"Setelah melaksanakan pendaratan (unboarding) dari Helikopter, para korban langsung diarahkan dengan ambulans untuk menuju RSUD Kabupaten Mimika guna melakukan pengobatan dan pemulihan pasca kecelakaan tersebut," katanya lagi.

Sebelumnya dilaporkan pesawat Susi Air dengan nomor penerbangan jenis Pilatus Porter PC-6 dengan nomor penerbangan PK- BVM, Kamis (23/6) mengalami insiden dalam penerbangan Timika-Duma-Timika membawa enam penumpang.

Enam penumpang yang dilaporkan menumpang di pesawat naas itu adalah Merina Dimpau,Fickien Dimpau, Philipus Dimpau, Leo Dimpau, Seruwarkis Diabilu dan Lukas Dimpau.


Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024