Biak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua optimis pada 2022 jumlah kunjungan wisatawan nusantara dan turis mancanegara ke Kabupaten Biak Numfor, Papua dapat segera normal kembali.

"Meski dalam dua tahun 2020-2021 akibat terdampak langsung pandemi COVID-19. Untuk tahun 2021 jumlah kunjungan wisatawan nusantara 21.755 orang sementara sebelumnya data turis berkunjung ke Biak mencapai 38.721 orang," ujar Bupati Biak Herry Ario Naap di Biak, Kamis.

Ia mengakui, untuk jumlah wisatawan mancanegara selama pandemi COVID-19 sangat terdampak menurun drastis.

Bupati Herry berharap, jumlah angka kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara pada tahun 2022 ini ditargetkan kembali normal setelah Biak sudah bebas dari adanya pandemi COVID-19.

Sebelumnya, Kadis Pariwisata Biak Onny Dangeubun menyatakan optimis jumlah kunjungan wisatawan ke Biak akan meningkat pada 2022.

Peningkatan kunjungan wisatawn ke Biak, menurut Onny, seiring sudah semakin membaik kondisi pandemi COVID-19 di antaranya banyak kegiatan acara organisasi masyarakat, pemerintah daerah, instansi vertikal,BUMN dan satuan TNI-Polri berlangsung di Biak.

"Bahkan lokasi objek wisata di Biak sudah didatangi warga seperti pantai, negeri dongeng, kali biru hingga gua Jepang untuk berlibur bersama keluarga," katanya.

Beberapa hotel di Biak juga sebagian hunian kamar mulai meningkat meski berkisar 50-60 persen dari kapasitas kamar.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024