Jayapura (ANTARA) -
Sagu Foundation Papua menyambut baik sosialisasi adanya beasiswa dari Pemerintah Amerika Serikat melalui Tim Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika untuk Indonesia, khususnya di Bumi Cenderawasih ini.
 
Direktur SAGU Foundation, Tisha Rumbewas dalam siaran pers di Jayapura, Rabu, mengatakan tahun ini program beasiswa Pemerintah Amerika Serikat kembali masuk Papua.
 
"Untuk itu dengan kehadiran Tim tersebut memperkenalkan program pendidikan dan kepemudaan bagi putra-putri Papua," katanya.
 
Menurut Tisha, banyak sekali program Kedubes Amerika yang dapat diperkenalkan ke pelajar dan pemuda Papua antara lain KL-YES, SUSI Student Leaders, SEAYLP, TechGirls.
 
“Kami berharap kerjasama dengan Kedubes Amerika ini berjalan baik dan berupaya agar informasi beasiswa bisa tersebar secara merata di Papua,” ujarnya.
 
Sementara itu Program manager Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI) di Indonesia Putra Aditya mengatakan Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI KL-YES, SUSI Student Leaders, SEAYLP dan TechGirls merupakan program beasiswa pendidikan dan pengembangan kepemimpinan bagi para pemimpin muda di Asia Tenggara yang berusia 18-25 Tahun yang dibiayai dari Pemerintah Amerika.
 
"Kunjungan kami ke SAGU Foundation adalah bentuk dukungan kepada alumni program beasiswa dengan inisiatif yang dilakukan pada komunitas," katanya.
 
Dia menjelaskan SAGU Foundation juga menjadi salah satu partner terbaik dalam memperkenalkan program-program dari Kedubes Amerika Serikat.
 
"Kami berharap kerjasama dengan SAGU Foundation dapat merealisasikan program-program tersebut sehingga mendukung pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) asli Papua," ujarnya lagi.
 
Sekadar diketahui pada kegiatan tersebut dihadiri Irmina Reniarti, Manager program kepemudaan Kedubes AS yang diikuti siswa-siswi dari sejumlah sekolah menengah atas (SMA) di Kota Jayapura antara lain yaitu SMAN 1, SMAN 2, SMAN 4, SMAN 5, SMA YPPK Taruna Bhakti, dan SMA Kristen Lentera Harapan, pada Selasa (11/10).
 

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024