Jayapura (ANTARA) - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Elisa Yarusabra mengatakan kirab budaya HUT IX Kebangkitan Masyarakat Adat 2022 akan melibatkan sembilan Dewan Suku Adat atau DSA.

"Untuk perayaan HUT IX Kebangkitan Masyarakat Adat (KMA) sembilan DSA akan terlibat dan menampilkan tari-tarian serta kuliner lokal," kata Elisa dalam siaran pers yang diterima Antara di Jayapura, Rabu.

HUT IX KMA akan dirangkai dengan pelaksanaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) VI dan Festival Danau Sentani di Kabupaten Jayapura pada Oktober 2022.

Terkait itu DPMK Kabupaten Jayapura telah melakukan pertemuan dengan masyarakat adat setempat pada 12 Oktober 2022 guna memantapkan materi terkait pelaksanaan tiga ajang tersebut.

"Pemantapan materi meliputi tari-tarian dan budaya kemudian juga ada kuliner lokal yang akan dipertunjukkan pada 24 – 25 Oktober 2022 dan seterusnya selama pelaksanaan KMAN," ujarnya.

Dia menjelaskan Masyarakat Adat Kabupaten Jayapura menyatakan siap untuk menyukseskan pelaksanaan KMAN di Bumi Kenambai Umbai tersebut.

Kirab budaya yang melibatkan sembilan DSA akan berlangsung pada 24 Oktober 2022.

"Kami berharap persiapan dari dewan adat suku juga ke depan semakin baik supaya semua berjalan lancar," katanya lagi.*

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024