Jayapura (ANTARA) -
Akademisi pada bidang pendidikan di Universitas Cenderawasih Kurniawan Patma menyebutkan pelayanan publik dunia pendidikan di Papua perlu mendapatkan perhatian pemerintah serta kerja sama agar memberikan kemudahan dalam layanan digitalisasi ataupun layanan lainnya di Bumi Cenderawasih

"Memang pada pelayanan publik di dunia pendidikan itu ada standardisasi sudah ada namun khususnya pada layanan digitalisasi praktek di lapangan masih kurang karena adanya beberapa daerah-daerah yang belum merasakannya," katanya kepada Antara di Jayapura, Selasa (6/11).
 
Menurut Kurniawan, mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA bahkan perguruan tinggi pelayanan publik belum di praktek secara baik seperti halnya juga pada fasilitas pembelajaran yang masih kurang perhatian sehingga dibutuhkan kerjasama dari berbagai elemen.
 
"Keberadaan institusi pendidikan pada layanan publik memang harus ada perbaiki sehingga perlu di perhatikan kembali dan menjadi perhatian pemerintah daerah ataupun instansi lainnya," ujarnya.
 
Dia menjelaskan misalnya juga dalam hal pendaftaran yang kadang masih menjadi permasalahan sekolah-sekolah yang ada di Papua di mana berubah pada orientasi keuntungan pribadi atau keuntungan sekolah.
 
"Untuk itu harus ada satu formulasi dari pemerintah setempat agar membuat komitmen dari orang-orang di dalam lembaga pendidikan sehingga pelayanan pendidikan dapat berjalan dengan baik," katanya.
 
Dia menambahkan untuk itu pemerintah harus melakukan evaluasi secara menyeluruh melalui dinas terkait yang berhubungan dengan dunia pendidikan karena penting bagi masa depan anak-anak Papua.

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024