Jayapura (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Papua menggelar rapat kerja kesehatan guna merumuskan program strategis di tiga daerah otonomi baru (DOB) di Bumi Cenderawasih --sebutan untuk Papua-- tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Robby Kayame di Jayapura, Kamis, mengatakan melalui rakerkesda tersebut juga akan dilakukan pemetaan terhadap pembangunan kesehatan di setiap provinsi baru.

"Di mana melalui rakerkesda ini para peserta akan menyampaikan permasalahan yang dihadapi petugas kesehatan di tiga DOB," katanya.

Ia berharap, melalui rakerkesda semua petugas kesehatan di tingkat kabupaten dan kota bisa bersatu dalam pembangunan kesehatan guna menekan angka kesakitan, kematian, dan meningkatkan harapan hidup.

"Sehingga nanti ada beberapa program strategis yang akan dirumuskan dalam rakerkesda yang menjadi rekomendasi untuk ditindaklanjuti di tiga DOB," ujarnya.

Pejabat Analis Kebijakan Publik Provinsi Papua Anike Rawar mengharapkan, rakerkesda akan menghasilkan rekomendasi terbaik terutama untuk peningkatan sumber daya manusia kesehatan di tiga DOB.

"Sehingga ke depan tenaga kesehatan di tiga DOB dapat bekerja sesuai dengan standar pelayanan kesehatan yang telah ditentukan," katanya.

Dia menambahkan ke depan para tenaga kesehatan di Tanah Papua dapat menjalankan tugas dengan baik untuk menyelamatkan masyarakat setempat, khususnya ibu dan anak.

Rakerkesda Provinsi Papua 2022 merupakan pertemuan terakhir bagi kepala Dinas Kesehatan di 29 kabupaten/kota di Papua sebelum berpisah dalam menjalankan tugas masing-masing di tiga DOB.

Rakerkesda tersebut akan berlangsung pada 24-25 November 2022 dan dibuka oleh Pejabat Analis Kebijakan Publik Provinsi Papua Anike Rawar.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024