Biak (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Biak Numfor, Papua menyebut permintaan (kebutuhan) darah di daerah itu dalam dua bulan terakhir (April-Mei) mengalami peningkatan signifikan hingga mencapai 500 kantong per bulan.

"Biasanya permintaan kantong darah sekitar 300 kantong per bulan. Namun, pada dua bulan terakhir ini meningkat menjadi 500 kantong," ujar Pelaksana tugas Kepala PMI Biak Numfor Ferry Moningka di Biak, Kamis.

Ia mengatakan peningkatan permintaan kantong darah ke PMI Biak untuk memenuhi kebutuhan medis operasi pasien di rumah sakit umum daerah (RSUD) Biak.

Untuk jenis permintaan kantong darah di PMI, kata Ferry Moningka, setiap hari tetap ada dengan beragam golongan darah sesuai kebutuhan pasien yang akan operasi di rumah sakit.

"Namun, yang terbesar permintaan darah untuk kepentingan pengobatan pasien yang akan menjalani operasi di RSUD Biak," katanya.

Sedangkan untuk golongan darah yang paling banyak dibutuhkan, menurut Ferry Moningka, yakni golongan darah O.

Permintaan golongan darah O, lanjut dia, setiap hari pasti ada permintaan dan kebutuhan darah ini selalu ada stoknya.

"Stok darahnya juga tersedia, meski sangat terbatas," kata Ferry Moningka.

Disinggung upaya untuk memenuhi kebutuhan darah yang diminta pasien, Ferry mengatakan salah satunya melalui kegiatan donor darah rutin yang dilakukan organisasi kemasyarakatan, organisasi perempuan, ormas keagamaan, instansi pemerintah daerah, BUMN ,dan institusi TNI/Polri di wilayah Biak dan sekitarnya.

Upaya lain PMI untuk mendapatkan permintaan golongan darah yang kosong karena dibutuhkan pasien,  meminta kepada satuan TNI/Polri yang bertugas di Kabupaten Biak Numfor.

"Selain itu, donor sukarela lewat keluarga pasien atau kerabat dekat pasien sesuai kebutuhan darah yang diminta," katanya.

Pada Kamis (18/5) diselenggarakan donor darah digelar Persekutuan gereja-gereja Biak Numfor bekerja sama dengan PMI Biak dalam rangkaian Kebaktian Kebangunan Rohani Biak Shalom 2023 berlangsung di lapangan Cenderawasih Biak.

Sejumlah warga jemaat gereja dan masyarakat umum ikut melakukan donor darah dalam rangka KKR Shalom dan menyemarakkan perayaan hari besar Kristiani Kenaikan Isa Al-Masih, Kamis sore.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024