Biak (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Biak Numfor, Papua menyiagakan dua mobil pemadam kebakaran dan 10 hidran air untuk mengantisipasi penanganan kebakaran dampak El Nino di daerah setempat.

"Mobil damkar dan mobil tangki air kami siagakan 24 jam di BPBD guna memberikan pelayanan kepada masyarakat," kata Kepala BPBD Biak Numfor Otto P.H. Wanggai di Biak, Jumat (9/6).

Ia mengajak warga setempat mengikuti informasi perubahan cuaca panas dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di daerah ini sebagai bentuk kesiapsiagaan mereka melakukan mitigasi bencana.

Ia mengatakan perkembangan laporan prakiraan cuaca untuk Biak Numfor yang dikeluarkan BMKG Stasiun Meteorologi Kelas1 Bandara Frans Kaisiepo Biak diperbarui setiap hari.

Kepala BPBD Biak Otto Wanggai mengimbau warga setempat memperhatikan informasi resmi tentang cuaca yang dikeluarkan BMKG Stasiun Meteorologi Kelas 1 Bandara Frans Kaisiepo Biak, setiap hari.

"Adanya laporan prakiraan cuaca BMKG diharapkan warga tetap mendapatkan informasi keadaan cuaca di Kabupaten Biak Numfor setiap waktu 24 jam," kata Otto Wanggai.

Pihak BPBD Kabupaten Biak Numfor juga menyediakan layanan call center 117 untuk menerima laporan kebencanaan di daerah maupun seluruh wilayah NKRI.

"Perubahan cuaca setiap daerah di wilayah Indonesia bisa saja memengaruhi keadaan cuaca di Kabupaten Biak Numfor sehingga warga tetap memperhatikan informasi cuaca dari sumber resmi BMKG Biak," katanya.

Informasi Stasiun Meteorologi Kelas 1 Bandara Frans Kaisiepo Biak pada Jumat (9/6), keadaan cuaca cerah berawan hingga hujan ringan pada dini hari dan siang dengan suhu udara 24-31 derajat Celcius dan kelembaban 72-98 persen.

Angin bertiup dari barat laut ke timur laut dengan kecepatan 4-25 km/jam, sedangkan prakiraan tinggi gelombang di pelabuhan setempat berkisar 0,25-0,75 meter dan perairan 0,25-1 meter.

Pada Jumat (9/6), hingga pukul 17.00 WIT keadaan cuaca di kota Biak dan sekitarnya mendung dan hujan rintik-rintik.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024