Jayapura (ANTARA) - Pengamat Ekonomi dari Universitas Cenderawasih (Uncen) menyebutkan program subsidi tepat dari Pertamina memberikan dampak positif bagi masyarakat Papua karena penyaluran bahan bakar minyak (BBM) bisa sesuai sasaran.

Pengamat Ekonomi Uncen Otniel Safkaur di Jayapura, Minggu, mengatakan sejak pemberlakuan program subsidi tepat pada Juli 2020 lalu, masyarakat kini telah merasakan manfaatnya.

“Untuk itu, kami memberikan apresiasi terhadap sistem pendistribusian subsidi tepat, di mana saat ini telah membantu meningkatkan perekonomian masyarakat di Papua,” kata Otniel yang juga Wakil Dekan II Fakultas Ekonomi dan Bisnis Uncen.

Menurut Otniel, apalagi kini harga BBM subsidi di Papua sama dengan pulau lainnya sehingga ini suatu kebijakan yang adil bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Pengendalian subsidi yang difokuskan pada masyarakat yang benar-benar membutuhkan sangat berdampak baik bagi keseimbangan pemanfaatan dana APBN,” ujarnya.

Dia menjelaskan tujuan akhir dari proses tersebut yakni mensejahterakan masyarakat Indonesia khususnya Papua yang terkenal dengan harga kebutuhan pokok yang cukup tinggi. Sehingga dengan harga BBM yang adil secara tidak langsung akan mempengaruhi harga komoditas lainnya.

“Dengan memanfaatkan program subsidi tepat dari Pertamina, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri,” katanya lagi.

Untuk mengawasi agar program subsidi tepat ini sukses, dia berharap adanya sinergi dan kolaborasi bersama baik pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten, Kota. Sehingga program tersebut benar-benar meningkatkan perekonomian masyarakat dan daerah setempat.


Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024