Jayapura (ANTARA) -
Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua menyebutkan dua atlet asal Bumi Cenderawasih akan mengikuti kualifikasi Olimpiade dan Asian Games 2023 yang akan berlangsung di Bangkok, Thailand, pada 12-17 Juli.
 
Ketua Umum KONI Papua Kenius Kogoya di Jayapura, Rabu, mengatakan kedua atlet tersebut yakni Agus Abadi Ndiken mengikuti cabang olahraga lempar lembing putra dan Farel Tangkas yang dipanggil untuk bergabung dengan tim renang Indonesia
 
"Kedua atlet tersebut tercatat resmi sebagai atlet Papua yang merupakan atlet cabang perorangan dan telah dinyatakan lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut)," katanya.
 
Menurut Kenius, kejuaraan atletik di Bangkok ini sekaligus sebagai ajang babak kualifikasi Olimpiade 2024 Paris. Sehingga Agus dan Farel masuk skuad Indonesia.
 
"Kami telah menerima surat resmi pemanggilan dari Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) maupun Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) untuk bergabung membela tim nasional," ujarnya.
 
Dia menjelaskan Pengurus PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia) resmi telah mengumumkan daftar nama 18 atlet yang bertanding di Kejuaraan Atletik Asia 2023 dan salah satunya Agus Ndiken. Sedangkan Farel Tangkas akan menjalani pemusatan latihan dalam rangka persiapan Asian Games 2023 di Hangzhou, China.
 
“Surat PRSI ke KONI Papua telah kami terima. Nomor suratnya 288/SJN/VII.2023 perihal pemanggilan atlet, pelatih dan official pelatnas renang Asian Games 2023," katanya lagi.
 
Dia menambahkan, KONI Papua berharap terpilihnya putra-putri Indonesia di Olimpiade dan Asian Games 2023 itu dapat meraih juara sehingga mengharumkan nama baik Indonesia khususnya juga Papua.

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024