Jayapura (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua menyebut saat ini sebanyak 180 atlet asal Bumi Cenderawasih tersebut lolos untuk ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut).

Ketua KONI Papua Kenius Kogoya di Jayapura, Senin, mengatakan pihaknya menargetkan untuk mempertahankan prestasi yang telah diraih saat PON XX 2021 di mana kontingen Papua berada di peringkat empat klasemen akhir perolehan medali.

"Kami akan menunjukkan atlet Papua bisa berprestasi di luar Papua apalagi banyak atlet kami yang masuk dalam pemusatan latihan nasional (Pelatnas)," katanya.

Menurut Kenius, ada sekitar 30 atlet Papua yang saat ini masuk dalam pelatnas selain itu ada empat atlet yang dipersiapkan untuk mengikuti Olimpiade pada cabang olahraga atletik nomor lempar lembing dan renang,

"Kemudian kami juga juga akan mengandalkan atlet kami yang tampil luar biasa sehingga berkontribusi dan mampu menyumbangkan medali emas untuk kontingen Indonesia pada ajang SEA Games 2023 di Kamboja," ujarnya.

Dia menjelaskan seluruh atlet akan melakukan latihan terpusat (TC) setelah pelaksanaan Pra PON selesai dilaksanakan.

"Kemungkinan awal 2023 semua atlet sudah melakukan TC dan bagi atlet yang masuk pelatnas akan melalukan TC sendiri," katanya.

Dia menambahkan saat ini masih sudah 27 cabang olahraga yang telah mengikuti pra PON dan masih sekitar 20 cabang olahraga yang akan mengikuti pra PON diantaranya yaitu sepak bola sehingga jumlah atlet Papua untuk PON XXI bisa bertambah.

"Atlet yang pernah berlaga di ajang PON sebelumnya juga terus dibina untuk kami kirim ikut pra PON sehingga diharapkan bisa menjadi andalan Papua saat PON di Aceh dan Sumut," ujarnya.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024