Jayapura (ANTARA) - Bupati Kabupaten Keerom, Papua, Piter Gusbager memberikan bantuan 13 Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) kepada para padi guna meningkatkan produktivitas pertanian di wilayah tersebut.

“Pertanian adalah sektor penting di Kabupaten Keerom, sehingga sesuai visi misi kami karena 60 persen masyarakat setempat merupakan petani,” katanya di Jayapura, Senin (7/8).

Menurut Piter, intuk itu sudah seharusnya pemerintah Kabupaten Keerom memberi perhatian serius pada pelaku usaha pertanian.

“Alat mesin pertanian yang dibagikan antara lain adalah traktor dan alat tanam dan alat-alat pertanian lainnya yang dapat membantu para petani dalam proses produksi pertanian,” ujarnya.

Dia menjelaskan banyak persoalan pada sektor pertanian di Kabupaten Keerom namun bagaimana pemerintah, pemangku kepentingan dan instansi terkait lainnya untuk menyelesaikan kendala-kendala tersebut. Karena itu pihaknya membutuhkan dukungan dari semua pihak agar sektor pertanian di Kabupaten Keerom dapat produktif kembali.

“Banyak sekali persoalan pertanian yang harus diselesaikan mulai persiapan lahan hingga persoalan petani membawa hasil daerahnya ke pasar,” katanya.

Menurut Piter, untuk itu perlu adanya alat-alat pendukung yang modern agar terjadi peningkatan produktivitas.

“Tadi kami telah melakukan panen padi di Arso IX, Distrik Skanto dengan luas lahan kurang lebih 10 hektare,” ujarnya lagi.

Dia menambahkan Keerom yang juga sebagai penopang sayur, telur dan lainnya selama puluhan tahun perlu mendapatkan dukungan sehingga kesejahteraan masyarakat seharusnya terus diangkat.

“Kami akan memberikan motivasi petani agar tetap semangat dalam bekerja sehingga meningkatkan kesejahteraan bagi para petani Keerom,” katanya lagi.


Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024