Timika (ANTARA) - Kantor Kementerian agama (Kemenag) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua menggelar penyuluhan manasik haji untuk pemberangkatan tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Kepala Penyelenggara Haji dan Umroh Iwan Ikhsan melalui rilis kepada ANTARA di Timika, Kamis, mengatakan jamaah diminta melengkapi dokumen perjalanan ibadah haji seperti dokumen paspor agar segera diselesaikan sejak dini.

"Penyuluhan manasik haji sepanjang tahun 1445 hijriah atau 2023 masehi kami gelar pada Ahad (03/09)," katanya.

Menurut Iwan, sebelumnya pernah diselenggarakan manasik haji di Hotel Serayu pada 24 Agustus yang lalu.

"Kami mengimbau agar semua jamaah calon haji untuk mendapatkan vaksin COVID-19 dosis satu dan dua," ujarnya

Dia menjelaskan jamaah juga dapat segera melakukan peralihan buku rekening menjadi tabungan haji pada Bank Syariah Indonesia (BSI) yang semula melakukan setoran awal BPIH pada bank konvensional seperti BRI, Mandiri dan BNI.

"Dengan dilengkapi semua persyaratan dan dokumen perjalanan, kami harap semua proses dalam menjalani ibadah haji berjalan lancar," katanya lagi.

Dia menambahkan jumlah pendaftar calon jamaah haji Kabupaten Mimika Provinsi Papua Tengah pada 2023 Berdasarkan Data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) sebanyak 187 orang.

"Jika dilihat berdasarkan bulan pendaftaran maka pada Januari ada 46 orang yang melakukan pendaftaran kemudian di Februari 17, Maret 11, April 14 Mei 14, Juni 16, Juli 33 dan Agustus 36," ujarnya lagi.*

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024