Timika (ANTARA) - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah mengatakan peternak lokal binaannya dapat menghasilkan 14 ton telur per hari.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Mimika Sabelina Fitriani di Timika, Sabtu, mengatakan Mimika menjadi daerah yang menyuplai telur ayam bagi kabupaten lain di Papua Tengah karena memiliki hasil produksi yang baik.

“Produksi telur kita melimpah maka Mimika menjadi kabupaten penyangga yang mensuplai telur ayam ke daerah lain di Papua Tengah,” katanya.

Menurut Sabelina, salah satu daerah yang mendapat suplai telur ayam dari Kabupaten Mimika yakni Wamena, untuk mengirim kesana tidak setiap hari karena kendala transportasi udara.

“Memang untuk ke Wamena hanya bisa dijangkau melalui jalur udara menggunakan pesawat, meskipun tidak setiap hari pesawat ada tetapi kami selalu distribusi ke sana,” ujarnya.

Dia menjelaskan dari hasil produksi telur ayam yang melimpah di Mimika maka pihaknya membuat inovasi telur omega-3 dan ini pertama kalinya di Papua.

“Telur omega-3 ini sangat baik untuk kesehatan, karena mengandung anti inflamasi yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh manusia,” katanya lagi.

Dia menambahkan dengan memproduksi telur omega-3 akan meningkatkan ekonomi tiga kali lipat dari telur ayam biasa karena selama ini masih disuplai dari luar Papua

“Kami mencoba berinovasi memproduksi telur ayam omega-3 sebagai upaya meningkatkan perekonomian peternak dan kesehatan konsumen,” ujarnya lagi.


Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024