Jayapura (ANTARA) -
Kementerian Keuangan melalui Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Papua memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Mamberamo Raya yang mana masuk dalam kinerja penyaluran Transfer ke Daerah (TKD) terbaik 2023.
 
Kepala Kanwil DJPb Papua Moudy Hermawan di Jayapura, Selasa, mengatakan ada tiga pemerintah daerah yang mendapatkan penghargaan yakni Kabupaten Mamberamo Raya, Kabupaten Biak Numfor dan Kota Jayapura.
 
"Dari ketiga pemerintah daerah Kabupaten Mamberamo Raya menjadi kategori terbaik pertama," katanya.
 
Menurut Moudy, terpilihnya terbaik pertama Mamberamo Raya karena yang paling responsif sehingga ketika masuk pemberitahuan pengajuan langsung merespon.
 
"Jadi ketika ada rekomendasi siap salur maka langsung segera minta, dengan begitu penyaluran bisa lebih cepat," ujarnya.
 
Dia menjelaskan untuk itu pihaknya berharap agar Pemerintah Daerah (Pemda) yang ada di Tanah Papua bisa merespon ketika ada pemberitahuan pengajuan ke kabupaten dan kota setempat.
 
"Jadi masalah Pemda di Papua kurang responsif, ketika update penyaluran tidak langsung mengajukan padahal harus segera respon sehingga bisa langsung disalurkan," katanya lagi
 
Dia menambahkan hingga per 11 Desember kemarin DAK Fisik Papua baru 40 persen padahal pada 15 Desember semua sudah harus 100 persen, untuk itu pihaknya berharap Pemda se tanah Papua bisa segera mengajukan jika tidak maka akan hangus.
 
"Kami menunggu sampai malam, DJPb sangat berharap agar sebelum tanggal 15 Desember ini semua bisa selesai jika tidak maka hangus dengan begitu mau tidak mau menggunakan dana APBD," ujarnya lagi.

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024