Sentani (ANTARA) - Kepolisian Resor Jayapura membuat lima pos menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 guna mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus WA Maclarimboen dalam rilisnya di Sentani, Jumat, mengatakan lima pos tersebut di antaranya Pos Pengamanan Terpadu Bandar Udara Sentani, Pos Pengamanan Kemiri, Pos Borobudur, Pos Hawai, dan Pos Pengamanan Pasar Lama Sentani.

“Dibuatnya pos ini dalam rangka Operasi Lilin Cartenz 2023, kali tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya yang dilaksanakan selama 12 hari dari 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024,” katanya.

Menurut kapolres, lima pos pengamanan Operasi Lilin Cartenz 2023 di wilayah hukum Polsek Sentani dan Sentani Timur melibatkan 150 personel kepolisian.

“Kami mengimbau agar warga Kabupaten Jayapura dapat menjaga Kamtibmas selama perayaan Natal 25 Desember 2023 dan malam pergantian tahun 2024,” ujarnya.

Dia menjelaskan gangguan Kamtibmas terkecil yang dapat mengganggu masyarakat yang merayakan Natal khususnya yaitu membunyikan petasan karena dapat mengganggu khusyuknya ibadah.

"Kami harap agar masyarakat tidak membunyikan petasan atau mercon karena dapat mengganggu saat perayaan ibadah Natal serta sewajarnya saja atau berkumpul dengan keluarga di rumah saat merayakan malam pergantian tahun,” katanya.

Dia menambahkan semua elemen masyarakat, tokoh agama, perempuan, pemuda dan adat mari bersama-sama menciptakan kondisi Kamtibmas yang aman dan nyaman selama perayaan Natal dan tahun baru.

“Keamanan itu bukan tugas polisi dan tentara, tetapi tugas semua lapisan masyarakat di Kabupaten Jayapura,” ujarnya.

 

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024