Sentani (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jayapura mengharapkan tahun ini ada dukungan pengadaan mobil pemadam kebakaran (Damkar) untuk menunjang pelayanan dalam musibah kebakaran di daerah setempat

Sekretaris BPBD Kabupaten Jayapura Lenny Pasulu di Sentani, Senin, mengatakan usulan telah disampaikan ke Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

“Sebenarnya kami perlukan saat ini lima unit mobil Damkar, mengingat keuangan daerah, diusulkan dua unit saja,” katanya.

Menurut Lenny, kendaraan atau mobil Damkar yang ada saat ini hanya satu unit, kadangkala juga bermasalah, sehingga pengoperasiannya tidak maksimal.

“Saya juga meminta maaf kepada masyarakat karena kurangnya dan kendala mobil Damkar, sehingga dalam pelayanan saat terjadi kebakaran tidak maksimal,” ujarnya.

Dia menjelaskan dengan minimnya kendaraan Damkar beberapa kasus kebakaran di Sentani dan sekitarnya, pelayanan pemadam kebakaran di lapangan tidak maksimal.

“Kami berharap tahun ini kendaraan Damkar secepatnya didatangkan, sehingga petugas bisa memaksimalkan pelayanan dalam mencegah terjadinya kebakaran di Sentani,” katanya.



Dia menambahkan selama ini pihaknya selalu mendapat dukungan dari TNI dan Polres Jayapura ketika terjadi musibah kebakaran.

“Setiap kebakaran pasti mobil water canon Polres Jayapura dan tanki air 751 Sentani membantu, kami sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih,” ujarnya.

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024