Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua mengajak seluruh warga di daerah itu mengedepankan kebersamaan demi mewujudkan daerah yang harmonis dan masyarakat yang nasionalis.

"Untuk itu moderasi beragama menjadi nilai yang sangat penting yang harus dipraktikkan di tengah-tengah masyarakat," kata Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey di Jayapura, Rabu.

Menurut dia, moderasi beragama menjadi kunci guna tercipta toleransi antarumat tetapi juga implementasi dari usaha bersama dalam menjaga keharmonisan.

"Kerukunan antarumat beragama di Kota Jayapura hingga kini sangat baik sekali sehingga diharapkan ini terus dipertahankan yang kemudian akan berdampak pada pembangunan yang lebih baik ke depan," ujarnya.

Pihaknya bersama Kementerian Agama (Kemenag) Kota Jayapura telah melaksanakan tayang bincang wawasan kebangsaan dan moderasi beragama pada Selasa (9/1) guna membahas masalah kekinian dan penguatan kerukunan antarumat beragama di daerah itu

"Untuk itu kami berharap agar melalui kegiatan yang sudah dilakukan itu dapat memperkuat dan mengukuhkan rasa kebersamaan dan kesatuan untuk menjaga keharmonisan di Kota Jayapura," katanya.

Pemkot Jayapura bersama Polresta Jayapura Kota menjamin ibu kota Provinsi Papua tersebut selalu aman dan nyaman sehingga diharapkan masyarakat setempat merasakan hidup yang aman, nyaman, dan tenteram.

"Sebab jika ada masalah maka kepolisian yang akan menangani dan kami juga terus mengimbau agar masyarakat tidak percaya dengan informasi tidak benar tetapi juga bijak dalam menyebarkan berita," ujarnya.

Dia mengatakan seluruh elemen masyarakat mempunyai tanggung jawab yang sama dalam menjaga wilayah Kota Jayapura yang aman apalagi menjelang pelaksanaan Pemilu 2024.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024