Biak (ANTARA) - Kodim 1708 Biak Numfor, Papua bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Biak Numfor dan forum komunitas masyarakat menyiapkan program gerebek sampah plastik dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan.

"Gerebek sampah plastik juga mengajarkan warga Biak untuk dapat mengubah perilaku untuk hidup lebih sehat bersih di lingkungan tempat tinggal," ujar Komandan Kodim 1708/Biak Numfor Letkol Inf Marsen Sinaga di Biak, Jumat.

Ia mengakui, untuk menyadarkan masyarakat guna menjaga kebersihan lingkungan bersih dan sehat merupakan sebagai kebiasaan hidup yang harus dilaksanakan dalam aktivitas keseharian.

Disebutkan Dandim, program gerebek sampah plastik bertujuan mengajak warga Biak Numfor untuk mengelola sampah rumah tangga supaya dapat bernilai ekonomis sangat membutuhkan kesadaran masyarakat.

Dandim mengatakan, salah satu kesadaran masyarakat yang sudah bagus mengelola dan menangani sampah plastik adalah Kota Balikpapan.

Dia berharap, warga Biak dapat menjaga kebersihan kota dan tidak membuang sampah sembarangan supaya Kota Biak tetap bersih, aman dan nyaman.

"Melalui program gerebek sampah plastik diharapkan warga Biak Numfor dapat meningkatkan kesadaran pentingnya pengelolaan sampah," harap Dandim Letkol Marsen Sinaga.

Program gerebek sampah plastik Kodim 1708/BN melibatkan Dinas Lingkungan Hidup dan forum komunitas masyarakat Biak.

Aksi gerebek sampah, menurut Dandim, bertujuan memberikan edukasi, mengelola sampah dan daur ulang sampah.

"Melalui gerebek sampah membangun kesadaran warga dan merubah cara berpikir untuk terus menjaga kebersihan lingkungan," katanya.

Untuk gerebek sampah 2023 mengangkat tema" Jaga Biak asik tanpa sampah plastik".

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024