Jayapura (ANTARA) -
Atraksi Barongsai dari Sanggar Seni Papua Golden Tiger melibatkan 20 orang asli Papua (OAP) dalam perayaan Imlek 2024 di Wihara Arya Dharma Skyland, Kota Jayapura, Sabtu (10/2).
 
Dari pantauan di lapangan, Sabtu, sejak pukul 09.00 WIT, warga Tionghoa yang berdomisili di Jayapura sudah memadati Wihara Arya Dharma Skyland untuk membakar dupa dan berdoa sembari disuguhi atraksi barongsai.
 
 
Selain warga Tionghoa, ada juga masyarakat umum datang menyaksikan atraksi tersebut serta ikut memberikan angpao.
 
Ketua Sanggar Seni Papua Golden Tiger, Irwan Sjaiful di Jayapura, mengatakan setiap perayaan Imlek pihaknya selalu menggelar atraksi barongsai untuk menarik minat masyarakat Papua dan bergabung dalam Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI).
 
"Tahun ini memang banyak anak muda Papua yang kami libatkan, karena ketertarikan mereka pada olahraga barongsai, apalagi ada beberapa yang telah dididik sejak kelas 5 SD," katanya.
 
Irwan mengatakan saat ini memiliki 33 pemain, 20 pemain diantaranya anak Papua, diharapkan ke depan menjadi atlet barongsai.
 
 
Sementara itu, salah satu warga Kota Jayapura Liza Indriyani mengatakan setiap momen perayaan Imlek di Wihara Arya Dharma pihaknya bersama keluarga selalu hadir untuk menonton atraksi barongsai.
 
"Setiap tahun ke sini, tapi perayaan kali ini sangat ramai, masyarakat umum banyak yang datang melihat atraksi tersebut," katanya.

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024