Biak (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Papua pada tahun ini memberikan bantuan empat unit very small aperture terminal (VSAT) kepada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Biak Numfor guna mendukung pelayan publik di daerah itu.

"Bantuan empat VSAT akan dipasang di kendaraan mobile (bergerak) Dinas Kominfo Biak sedangkan tiga VSAT untuk layanan kesehatan puskesmas di Pulau Padaido/Aimando dan Pulau Numfor," ujar Sekretaris Dinas Kominfo Biak Numfor Jemmy Maramis di Biak,Selasa.

Ia mengatakan VSAT di kendaraan operasional Diskominfo Biak guna mendukung acara pemerintahan yang berlangsung di berbagai kampung dan distrik.

Dia menjelasakan bantuan VSAT dari Diskominfo Papua untuk menopang layanan jaringan kebutuhan internet hingga pelosok kampung melalui satelit.

Ia menyebut VSAT adalah stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antena penerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari tiga meter.

Fntuk fungsi utama VSAT, kata dia, menerima dan mengirim data ke satelit.

Ia menjelaskan satu unit VSAT disediakan khusus untuk mobil operasional lapangan Diskominfo, supaya ketika kegiatan pemerintahan diadakan di pinggiran kampung dapat terjangkau internet.

"Ketersediaan layanan internet dan handphone (telepon seluler) sudah menjadi kebutuhan masyarakat banyak hingga ke pelosok kampung terpencil," ujarnya.

Ia berharap, layanan internet terus berkembang di Biak dalam rangka mewujudkan daerah setempat sebagai kota digital di Tanah Papua.

"Untuk memenuhi kebutuhan warga berbagai kampung di Kabupaten Biak Numfor," katanya.

Layanan internet di berbagai kampung terus ditingkatkan Pemkab Biak Numfor melalui kerja sama dengan Bakti Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dengan penyediaan base transceiver station (BTS).

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024