Jayapura (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura, Papua akan melakukan pengawasan di daerah yang rawan bencana, terutama destinasi wisata setempat selama libur dan cuti bersama Lebaran 2024.

"Kami bersama tim SAR nasional, Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari) dan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) akan selalu siap untuk melakukan pengawasan di daerah rawan bencana selama libur Lebaran," kata Kepala BPBD Kota Jayapura Asep Khalid di Jayapura, Jumat.

Dia menyebut salah satu kawasan yang menjadi perhatian pihaknya, yakni Pantai Holtekamp, karena lokasi tersebut menjadi salah satu tempat favorit masyarakat saat libur tetapi juga peristiwa orang tenggelam di kawasan itu sering terjadi.

"Dengan demikian semua personel gabungan baik dari BPBD, SAR, dan Rapi akan siap di lapangan untuk melakukan pengawasan guna mengantisipasi terjadinya bencana," ujarnya.

Ke depan, pihaknya juga akan membangun papan larangan berenang di tempat-tempat rawan di kawasan Pantai Holtekamp sebagaimana yang telah dibahas dalam pelaksanaan rapat pimpinan pada Kamis (4/4).

"Sehingga masyarakat dapat mengetahui ketika ada cuaca yang ekstrem mereka berhati-hati dalam melakukan aktivitas di pantai," katanya.

Dia mengatakan pada masa libur dan cuti bersama Idul Fitri, pengunjung akan lebih banyak berwisata di pantai sehingga pihaknya akan meningkatkan pengawasan tempat itu.

"Hal ini tentu untuk memberikan pelayanan dan keamanan kepada masyarakat yang berwisata selama libur Lebaran," ujarnya.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024