Sentani (ANTARA) - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Jayapura menyebutkan Distrik Airu menjadi lokasi pengembangan kawasan kota jasa di wilayah Papua

Letak Distrik Airu berbatasan langsung dengan Kabupaten Yalimo (sebelah selatan), Mamberamo Raya (sebelah barat), Keerom (sebelah timur).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Jayapura Parson Horota di Sentani, Kamis, mengatakan pengembangan kota modern ke depan diarahkan ke Distrik Airu.

“Mengapa kami melakukan pengembangan kota di Distrik Airu, karena lalu lintas barang yang dibawa menggunakan kendaraan dari Jayapura ke Wamena Papua Pegunungan itu melewati daerah itu,” katanya.

Menurut Parson, pengembangan kota jasa di Distrik Airu akan membantu pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) maupun pengusaha bahan pokok di wilayah Papua Pegunungan untuk memperoleh barang di daerah tersebut.

“Daripada mereka harus membeli barang dari Kota Jayapura, lebih baik mereka cukup mengambil di Distrik Airu kemudian balik lagi ke Wamena dan itu akan menghemat biaya dan waktu,” ujarnya.

Dia menjelaskan pengembangan kota jasa ini harus mendapat dukungan semua pihak baik itu masyarakat maupun TNI-Polri.

“Kami harap di daerah itu dibangun Polsek atau Kompi TNI sehingga memperkuat pengamanan supaya aktivitas perekonomian dapat berjalan baik,” katanya.

Dia menambahkan pemerintah pusat telah membangun jalan Trans Papua dari Jayapura hingga ke Wamena, dan ini merupakan langkah maju untuk mempersingkat waktu transportasi barang dan manusia.

“Jalan mulai wilayah Senggi (Kabupaten Keerom) hingga ke Distrik Airu sudah diaspal bagus sehingga pengembangan kota jasa di daerah itu bisa berjalan baik,” ujarnya.


Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024