Timika (ANTARA) - Dinas kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah mengatakan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) perlu mendapatkan penanganan khusus guna memulihkan psikologis dan mentalnya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Obet Tekege di Timika, Jumat, mengatakan pihaknya menggelar pengobatan ODGJ dan konsultasi psikologi di Puskesmas Pasar Sentral pada 7-8 Juni 2024.

“Program pengobatan dan konsultasi ini diperuntukkan bagi pasien dengan gangguan jiwa dengan harapan dapat mengembalikan kondisi kejiwaannya hingga sehat lagi,” katanya.

Menurut Obet, banyak hal yang dapat memengaruhi seseorang sehingga mengalami gangguan kejiwaan, salah satu faktor yakni keterbatasan ekonomi.

“Melalui kegiatan ini kami berharap pasien mendapatkan penanganan yang sesuai, sebab untuk menangani ODGJ dibutuhkan penanganan kesehatan secara khusus,” katanya.

Dia menjelaskan langkah awal untuk memastikan kondisi kejiwaan seseorang yakni dilakukan skrining, setelah diketahui maka akan diberikan pengobatan.

“Setelah skrining kita lihat lagi tingkatannya, apakah rendah atau tinggi agar ditangani sesuai dengan tingkatan kesehatannya,” katanya.

Dia menambahkan ini merupakan tindak lanjut dari agenda tahun lalu yang bekerja sama dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), yakni dengan melakukan pengecekan, bimbingan konseling dan mendoakan pasien ODGJ dari rumah ke rumah.


Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024