Biak (ANTARA) - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Biak Numfor, Papua menyebut Festival Biak Munara Wampasi (BMW) yang berlangsung pada 1-4 Juli 2024 bermanfaat melestarikan budaya tradisional suku di daerah itu.

"Festival BMW 2024 telah masuk kalender pariwisata tahunan di daerah," ujar Kepala Dinas Pariwisata Biak Numfor Onny Dangeubun menanggapi pelaksanaan Festival BMW 2024 Biak di Biak, Minggu.

Ia mengatakan selama empat hari Festival BMW 2024 diselenggarakan Dinas Pariwisata dengan menghadirkan berbagai atraksi tradisional Suku Biak, di antaranya apen bayeren (berjalan di atas baru panas) dan hiburan rakyat.

Acara lainnya, katanya, tur Padaido Island, pesona kuliner Biak, parade Tari Wor dan Yospan, parade perahu dayung tradisional, hiburan rakyat, dan "enjoy" Biak.

Kegiatan tradisional Suku Biak yang terus terjaga sampai saat ini, kata dia, yakni atraksi Snap Mor atau menangkap ikan di air meti atau surut.

"Untuk Snap Mor bakal digelar pada Kamis, 4 Juli 2024 dan berlangsung di Pantai Ramdori Distrik Biak Barat, " katanya.

Ia berharap, Festival BMW 2024 dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Biak Numfor.

Festival BMW 2024 akan dipusatkan di area Pantai Kasumasa Kampung Samau, Distrik Biak Kota, sedangkan pembukaan oleh Penjabat Bupati Sofia Bonsapia.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024