Timika (ANTARA) - Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Provinsi Papua mengumumkan Kabupaten Mimika meraih juara umum pada Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-30 tingkat provinsi se Tanah Papua di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah.

Ketua LPTQ Provinsi Papua Setiyo Wahyudi dalam keterangannya, Senin mengatakan pengumuman Kabupaten Mimika juara umum disampaikan Ketua  dewan hakim H. Jalaludin Tiflen pada penutupan MTQ ke-30 di Kabupaten Mimika.

"Bupati Mimika Johannes Rettob menerima piala bergilir juara umum MTQ ke-30 tingkat provinsi se Tanah Papua," katanya.

Menurut Penjabat Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk dirinya berharap MTQ senantiasa menjadi wadah untuk meningkatkan dan mengembangkan nilai keagamaan untuk memperkuat keimanan.

"Kiranya dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa, kegiatan MTQ ini dapat memberikan hikmat dan berkah bagi kita semua," ujarnya.

Dia menjelaskan dengan kegiatan seperti ini, dapat menumbuhkan rasa cinta kasih dan toleransi antar umat beragama m, di atas Tanah Papua dan nasional.

"Peringkat pertama atau juara umum MTQ ke-30 tingkat provinsi ini diraih oleh Kabupaten Mimika, dengan jumlah nilai 485, peringkat kedua Kita Jayapura dengan nilai 375, dan peringkat ke tiga dari Nabire jumlah nilai 160," katanya lagi.

Dia menambahkan peringkat ke empat yakni Kabupaten Merauke jumlah nilai 120, peringkat kelima Kabupaten Jayapura jumlah nilai 100, peringkat keenam Kabupaten Keerom jumlah nilai 90.

"Peringkat ke tujuh Kabupaten Mamberamo Raya nilai 70, peringkat delapan Kabupaten Biak dengan nilai 60, peringkat kesembilan Kabupaten Puncak dengan nilai 30," ujarnya lagi.
 

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024