Biak (ANTARA) - Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri meminta jajaran Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Biak Numfor, Papua, dapat menyukseskan tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024.

"Kami berharap pelaksanaan Pilkada Biak dapat berjalan lancar, aman dan kondusif, karena itu kami mohon dukungan doa restu semua elemen masyarakat di daerah ini," kata Wakil Kepala Kepolisian Resor Biak Kompol Muschit Sefian S.Ik saat peringatan HUT Bhayangkara ke-78 di Mapolres Biak, Senin.

Ia mengatakan, Tanah Papua menjadi barometer untuk pelaksanaan pemilu damai yang jauh dari ibu kota telah membuktikan pelaksanaan pemilu legislatif dan pilpres dapat berlangsung dengan sukses.

Dan jajaran Polri, lanjut Kompol Muschit, juga berharap pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 bisa sukses sama dengan penyelenggaraan Pemilu 14 Februari 2024.

"Sehingga kami jajaran Polri sangat membutuh dukungan dan doa restu masyarakat melaksanakan pengamanan pilkada 2024," harap Wakapolres Biak Kompol Muchsit membacakan amanat Kapolda Irjen Pol Mathius Fakhiri.

Ia mengajak berbagai warga Biak untuk bergandengan tangan dalam rangka mewujudkan pilkada damai, serta untuk saling menghormati perbedaan dan pilihan dalam pilkada.

Sementara itu, Penjabat Bupati Biak Sofia Bonsapia meyakini jajaran Polres Biak dapat melaksanakan tugas pengamanan tahapan pilkada hingga selesai.

"Jajaran Pemkab Biak Numfor juga berharap masyarakat turut menjaga kamtibmas bersama aparat keamanan TNI/Polri dalam rangka mewujudkan pilkada damai di daerah ini," harapnya.

Sebagai Penjabat bupati, ia sangat optimistis pelaksanaan pengamanan pilkada Biak bisa lancar, aman dan sukses.

"Hingga selesai terpilih kepala daerah definitif untuk membangun Kabupaten Biak Numfor," ujar Pj Bupati Sofia Bonsapia.

Pelaksanaan HUT Bhayangkara ke-78 Polres Biak Numfor ditandai dengan acara syukuran dipimpin Wakapolres Kompol Muchsit Sefian mewakili Kapolres AKBP Damianus Dedy Susanto.

Berdasarkan data Bagian Operasi Polres Biak telah menyiagakan 300 personel untuk melakukan pengamanan tahapan pilkada pada 27 November 2024.

Hingga Senin (1/7), tahapan Pilkada Biak Numfor telah memasuki tahapan pencocokan dan penelitian pemilih di 257 kampung dan 14 kelurahan.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024