Jayapura (ANTARA) -
Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua menyatakan Papua siap mengikuti  Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 di Aceh-Sumatera Utara.

Wakil Ketua III KONI Provinsi Papua Elia Loupatty di Jayapura, Kamis, mengatakan dalam waktu dekat bakal menunjuk ketua Kontingen Papua PON XXI.

"Pada Selasa (2/7) kami melakukan pertemuan dengan pemerintah provinsi Papua sehingga hasilnya dalam waktu dekat akan menentukan ketua kontingen, dengan begitu Papua siap mengikuti PON XXI di Aceh," kata Elia.

Menurut Elia, pemerintah tetap mendukung atlet Papua berperan serta dalam PON 2024 walau menghadapi daerah ini menghadapi keterbatasan keuangan.

“Penjabat Gubernur Papua telah menegaskan bahwa kontingen Papua tetap berpartisipasi di PON XXI Aceh-Sumut, meski segala keterbatasan anggaran daerah,” kata dia.

Dia mengungkapkan belum mendapatkan kepastian besar biaya lantaran harus terlebih dahulu membentuk tim untuk menentukan ketua kontingen Papua dalam PON 2024.

"Pada pelaksanaan PON XXI nanti ada sebanyak 374 atlet yang telah dipastikan lolos dari babak pra-kualifikasi," kata Elia.

Dalam 67 hari ke depan PON Aceh-Sumatera Utara digelar mulai 8 sampai 20 September 2024.

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024