Timika (ANTARA) - Satuan Tugas Komando Operasi (Satgas Koops) TNI Habema mengajarkan tentang pentingnya kebersihan tubuh kepada anak-anak di wilayah Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan.

Panglima Koops Habema Brigjen TNI Lucky Avianto melalui rilis di Timika, Senin, mengatakan Satgas Yonif Para Raider 503/Mayangkara Kostrad yang melaksanakan tugas Operasi pengamanan perbatasan (Opspamtas) mobil RI-PNG khususnya di wilayah Kampung Banggabeak Distrik Krepkuri, Kabupaten Nduga membangun komunikasi sosial tentang hidup bersih.

"Komunikasi sosial rutin dijalankan oleh prajurit, sebagai salah satu realisasi komitmen TNI dalam melaksanakan komunikasi inklusif dengan seluruh masyarakat di wilayah Papua," katanya.

Menurut Lucky, realisasi komunikasi sosial ini dilaksanakan di Pos Batas Batu yang di pimpin oleh Lettu Inf Galih Widiharyo Nugroho.

"Hari ini cuaca sangat bersahabat dan cerah sehingga, para prajurit mengajak anak-anak Kampung Banggabeak untuk belajar mandi dan membersihkan tubuh dengan benar," ujarnya.

Dia menjelaskan pengetahuan hidup bersih yang disampaikan prajurit yakni urutan tata cara mandi yang benar dengan menggunakan air bersih dan air hujan.

"Mereka memanfaatkan air hujan untuk belajar mandi dan membersihkan tubuh, mengingat keterbatasan air bersih di Kampung Banggabeak," katanya lagi.

Dia menambahakan para prajurit mengajarkan urutan mandi bagi anak-anak mulai dari keramas, membersihkan badan dengan sabun mulai dari leher, punggung hingga tangan dan kaki.

"Kreativitas Satgas Yonif 503 Kostrad menggelar komunikasi sosial dengan anak-anak Kampung Banggabeak merupakan upaya TNI mendukung percepatan pembangunan di wilayah Papua," ujarnya.

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024