Jayapura (ANTARA) - Penjabat Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun meminta seluruh Pemerintah Daerah (Pemda) pada sembilan kabupaten/kota agar fokus menuntaskan Program Strategis Nasional (PSN) guna mendukung kebijakan percepatan hilirisasi, konektivitas, pengembangan dan pemerataan ekonomi.

“Saya minta seluruh Pemda fokus menuntaskan PSN karena ini merupakan arahan langsung dari Presiden Joko Widodo dan Menteri Dalam Negeri,” kata Ridwan di Jayapura, Minggu (14/7).

Guna memastikan agar PSN berjalan, Ridwan melakukan kunjungan ke beberapa kabupaten/kota mulai Jumat (12/7) bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Papua seperti Bulog serta beberapa instansi lainnya.

Kunjungan pertama ke Kabupaten Mamberamo Raya guna memantau sejumlah program strategis nasional yang dinilai masih belum maksimal,
di antaranya cakupan pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang pada pemberian dosis pertama dan kedua, masih di bawah 50 persen dari sasaran 7.654 anak.

“Kemudian kasus stunting pada Juni 2024 masih cukup tinggi dengan 74 kasus di 12 puskesmas pada Kabupaten Mamberamo Raya,” katanya.

Dalam kunjungan tersebut, pihaknya membawa TPID serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait agar melihat langsung hal-hal yang dibutuhkan untuk kemudian disinergikan bersama dalam mendukung penyelenggaraan pembangunan di Mamberamo Raya.

“Dengan begitu, diharapkan ada kerja sama yang baik untuk sama-sama mensukseskan pelaksanaan program strategis nasional, guna mewujudkan generasi emas di 2045 mendatang,” ujarnya.


Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024