Sentani (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jayapura, Papua, meningkatkan layanan pendaftaran penduduk dengan menyambangi warga.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Jayapura Herald J Berhitu di Sentani, Selasa, mengatakan sejak tahun lalu untuk memaksimalkan pendaftaran penduduk berupa perekaman KTP Elektronik (e-KTP) pihaknya turun langsung ke perumahan warga.

“Kami langsung turun ke perumahan warga baik di wilayah perkotaan maupun kampung-kampung untuk memaksimalkan perekaman e-KTP bagi warga yang belum memiliki dokumen kependudukan,” katanya.

Pihaknya melakukan program yang dinamakan sebagai "jemput bola" untuk memberikan pelayanan bagi seluruh warga, khusus Orang Asli Papua (OAP), untuk memperoleh dokumen kependudukan.

“Kami berharap dengan program itu seluruh masyarakat, khusus OAP, di 139 kampung dan lima kelurahan memiliki dokumen kependudukan, sehingga membantu mereka dapat segala urusan,” ujarnya.

Dia menjelaskan tahun ini pihaknya didukung Dana Otonomi Khusus (otsus) sebesar Rp3,4 miliar untuk pelayanan pendaftaran penduduk, pengumpulan, analisis, dan diseminasi data, terkait pendaftaran perkembangan penduduk.

Selanjutnya, pengadaan dokumen kependudukan selain blangko e- KTP, formulir, dan buku terkait pendaftaran penduduk sesuai dengan kebutuhan, pencatatan, penatausahaan dan penerbitan dokumen atas pelaporan peristiwa penting, serta peningkatan dalam pelayanan pencatatan sipil dan investigasi data untuk kepentingan pembangunan daerah.

“Segala upaya yang kami lakukan untuk memberikan pelayanan dokumen kependudukan secara optimal bagi masyarakat Papua di Kabupaten Jayapura,” katanya.


Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024