Biak (ANTARA) - Penjabat Bupati Biak Numfor Sofia Bonsapia mengajak semua elemen masyarakat setempat untuk memaknai perayaan Hari Ulang Tahun Ke-79 Republik Indonesia dengan mengisi kemerdekaan melalui berbagai pembangunan di daerah tersebut.

"Pencapaian kemerdekaan RI 17 Agustus 1945 merupakan hasil perjuangan pahlawan untuk menyatukan Indonesia bebas dari penjajahan," kata dia pada pidato menyambut HUT Ke-79 RI di Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) Biak di Biak, Provinsi Papua, Kamis.

Ia berharap, pada usia 79 tahun kemerdekaan RI, bangsa Indonesia semakin hidup sejahtera karena memiliki sumber daya alam yang melimpah.

Dengan tema perayaan HUT Ke-79 RI, "Nusantara Baru Indonesia Maju", dia mengharapkan, semakin membuat bangsa Indonesia berkembang dan hidup sejahtera.

Ia mengharapkan semua elemen masyarakat, TNI/Polri, serta para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Pemkab Biak Numfor untuk terus berkarya dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat setempat.

"Semoga momentum perayaan HUT Ke-79 RI makin memberikan keberhasilan dan kemandirian bangsa Indonesia," kata Sofia.

Suasana semarak mewarnai berbagai tempat di Kabupaten Biak Numfor pada Kamis, hingga pukul 12.00 WIT atau menjelang puncak HUT Ke-79 RI pada Sabtu (17/8), antara lain ditandai dengan Pawai Merah Putih, sedangkan di Lapangan Atletik Cenderawasih Biak Kota dilakukan geladi bersih Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI.

Upacara bendera pada puncak HUT Ke-79 RI di daerah itu, akan diikuti sekitar 2.000 peserta, terdiri atas siswa SD hingga SMA/SMK, kalangan perguruan tinggi, TNI, Polri, aparatur sipil negara, Satpol Pamong Praja, Basarnas, dan sentra komunikasi (senkom).

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024