Biak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan vaksinasi polio tahap empat kepada 1.500 anak balita di wilayah Puskesmas Distrik Biak Utara, Kamis.

"Pemberian tetesan vaksin polio dilakukan langsung oleh Pj Gubernur Ramses Limbong dan Ketua TP PKK Papua Kerdina R Limbong serta Pj Bupati Sofia Bonsapia di Distrik Biak Utara," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor Daud Nataniel Duwiri M.Kes di Biak, Kamis.

Pemberian vaksin polio bagi anak-anak merupakan program pemerintah dalam menjaga anak sehat untuk mewujudkan Indonesia emas 2045.

Khususnya bagi generasi muda di Kabupaten Biak Numfor, menurut Duwiri, dengan pemberian vaksin polio dan makanan tambahan maka terwujud anak muda Papua yang sehat dan cerdas.

"Untuk pemberian tetesan vaksin polio anak di Puskesmas Biak Utara terpenuhi 100 persen. Ini capaian luar biasa patut diberikan apresiasi kinerja kepala Puskesmas setempat," kata Duwiri.

Sementara itu, Plt. Kadis Kesehatan Provinsi Papua dr Yokelin Suebu mengatakan pemberian vaksin polio di Kabupaten Biak Numfor dan Supiori berlangsung lancar hingga selesai.

Vaksinasi polio di Distrik Biak Utara kepada empat anak dan pengukuran anthropometri lengkap, berjalan lancar dan baik disertai pemberian makan tambahan kepada balita.

Selain itu, dilakukan juga penyerahan paket perilaku hidup sehat dan bersih (PHBS) kepada ibu balita serta penyerahan kelambu kepada ibu hamil.

Ketua TP PKK Provinsi Papua Kerdina Ramses Limbong menyatakan pelayanan yang teratur dan terukur kepada bayi balita berkat kerja sama tim yang solid antara dinas kesehatan, tim PKK dan pendamping dari BKKBN serta pemda.

"Insentif kader maupun biaya posyandu juga dapat diberikan sesuai anggaran dan aturan pemerintah," ucapnya.*

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024