Biak (ANTARA) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Biak Numfor, Papua, melakukan pendampingan kepada 167 Sekolah Dasar (SD) untuk mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun pelajaran 2024/2025.

"Kami targetkan tahun ini 100 persen siswa kelas 5 SD dapat ikuti ANBK," kata Sekretaris Disdikbud Biak Numfor John Sobuber di Biak, Kamis.

Ia mengatakan program ANBK dilakukan kelas 5 pada sekolah dasar di seluruh Kabupaten Biak Numfor.

Untuk peralatan yang perlu disiapkan melaksanakan ANBK SD, menurut Sobuber, antara lain komputer yang miliki aplikasi ANBK serta jaringan internet yang stabil.

Sobuber menjelaskan tujuan program ANBK SD merupakan evaluasi pendidikan yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia untuk menggantikan Ujian Nasional (UN).

"Program ANBK juga sebagai langkah strategis untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Biak Numfor," katanya.

Ia berharap para siswa kelas 5 SD yang menjadi target program ANBK pada 2024 dapat menyiapkan diri dengan baik untuk meraih kesuksesan ANBK.

"Perlu dukungan semua orang tua, dewan guru, dan kepala sekolah, untuk  menyukseskan program ANBK karena menjadi barometer keberhasilan penyelenggaraan sekolah," ucapnya.

Pada pendampingan dan sosialisasi ANBK dilakukan tim Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Biak Numfor.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024