Biak (ANTARA) - Kepolisian Resor Biak Numfor, Papua, memberikan layanan "Kopi Keliling" (Koling) ke berbagai kelompok masyarakat untuk menyerap aspirasi kamtibmas dalam rangka mensosialisasikan pemilihan kepala daerah (pilkada) damai, aman dan kondusif pada 27 November 2024.

"Layanan Koling Polres Biak lebih mengena dan menyambangi banyak lokasi mulai tokoh masyarakat, lembaga adat, rumah ibadah serta kelompok organisasi masyarakat lainnya," kata Kapolres Biak AKBP Ari Trestiawan kepada wartawan di Biak sesaat rapat koordinasi Sail Teluk Cenderawasih, Minggu.

Ia mengaku, layanan Koling yang dilakukan Satuan Binmas Polres melibatkan personel Bhabinkamtibmas secara rutin melakukan kunjungan ke berbagai tempat.

Kapolres Ari mengakui, setiap Jumat pihaknya juga menyediakan layanan curahan hati yang sasaran ke masjid.

Sedangkan di hari Minggu, lanjut dia, layanan Koling juga mengunjungi umat Kristiani ibadah di gereja-gereja untuk mendengar aspirasi jemaat terkait dengan situasi kamtibmas di wilayah hukum Polres Biak Numfor.

"Pada intinya semua curahan hati masyarakat Kabupaten Biak Numfor terhadap layanan Polres menjadi bahan masukan untuk bisa ditindaklanjuti dalam rangka mendukung situasi kamtibmas aman dan kondusif," tuturnya.

Terkait dengan tahapan Pilkada Biak, Kapolres AKBP Ari berpesan semua warga Biak Numfor untuk bersama-sama menyukseskan pemilihan kepala daerah secara demokrasi aman, damai dan kondusif.

Ia berharap, sebagai warga Biak Numfor yang baik terus memberikan informasi yang benar terhadap tahapan pilkada dan tidak menyebar berita bohong atau informasi hoaks.

"Kami dari Polres Biak Numfor melalui sentra penegakan hukum terpadu (Gakkumdu) Bawaslu, Polri dan Kejaksaan akan melakukan penindakan terhadap semua bentuk pelanggaran pidana pilkada," ujarnya.

Berdasarkan keputusan KPU hingga, Minggu (6/10) terdapat tiga pasangan calon peserta pilkada yakni No1 Paslon Bupati/Wabup Markus Mansnembra-Jimmy Carter Rumbarar Kapissa, Paslon No2 Calon Bupati/Wabup Herry Ario Naap-Kerry Yarangga serta paslon No3 Saint Benhur Mansnandifu-Yohan Anthon Kho.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024