Sentani (ANTARA) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Jayapura meminta guru pendidikan anak usia dini (PAUD) terus meningkatkan mutu pendidikan.

Plt Kepala Disdik Kabupaten Jayapura Hana S Hikoyabi di Sentani, Selasa, mengatakan guru PAUD memikul tugas sangat besar dalam membina generasi muda.

“Kami harap anak-anak PAUD jangan terlalu dikekang masalah pendidikan formal, tetapi bagaimana menciptakan pendidikan yang nyaman dan baik bagi mereka,” katanya.

Menurut Hana, PAUD itu bukan mengarahkan siswa untuk cerdas, tetapi bagaimana membuat mental mereka disiplin dan bermain.

“Anak-anak usia PAUD itu ingin bebas, ingin bermain dan di sinilah momen untuk bagaimana mental mereka dapat diarahkan,” ujarnya.

Dia menjelaskan pendidikan anak PAUD, taman kanak-kanak (TK) dan sekolah dasar (SD) sangat jauh berbeda sehingga ini yang harus dipahami bersama.

“Kami tidak ingin anak-anak terbebani mengenai pendidikan dasar, sehingga mengganggu perkembangan psikologi mereka, tetapi bagaimana menciptakan suasana senyaman mungkin sehingga anak-anak ini dapat bersemangat pergi ke sekolah,” katanya.

Dia menambahkan, generasi Papua khususnya Kabupaten Jayapura harus menjadi generasi hebat dengan mental yang baik dan terarah di PAUD maupun TK.

“Kami harap anak-anak PAUD bebas mengeksplorasi kemampuan mereka sehingga mereka menjadi pribadi yang siap dalam menghadapi tantangan di masa depan,” ujarnya.


Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024