Jayapura (Antara Papua) - Komando Distrik Militer (Kodim) 1701/Jayapura dan Bank Indonesia Perwakilan Papua dan Papua Barat menyerahkan satu unit alat mesin pertanian kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Kampung Besum, Distrik Namblong, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu.

"Demi mensukseskan upaya swasembada pangan di wilayah Kodim 1701/Jayapura, kami terus berupaya untuk membantu kelompok tani yang ada di wilaya kami, bekerjasama dengan Bank Indonesia Papua dan Papua Barat," kata Dandim Letkol Inf Andriyanto di Kota Jayapura, Papua.

Penyerahan satu unit alat mesin pertanian kepada gabungan kelompok tani Kampung Besum diserahkan langsung oleh Perwakilan Bank Indonesia di Papua, Joko Supratikto dan diterima oleh Ketua Gapoktan Besum, Esauw Suwali di Koramil 1701-11/Nimboran," katanya.

Saat penyerahaan bantuan itu, disaksikan oleh Kasdim 1701/Jayapura J Daniel P Manalu, Danramil 1701-11/Nimboran Kapten Inf Subijantoro, Pasi Ter Kodim Kapten Inf Afandi, Kepala Kampung Besum Isak Welem Wadi dan 50 orang masyarakat Gapoktan Kampung Besum.

"Masyarakat mengapreasiaikan bantuan tersebut dan berjanji akan mengunakan sebaik mungkin untuk mengolah pertanian mereka," kata Letkol Inf Andriyanto.

Joko Supratikto selaku Kepala Perwakilan Bank Indonesia di Papua dan Papua Barat mengatakan pihaknya bersama Kodim 1701/Jayapura akan berusaha semaksimal mungkin untuk membantu kelomlok tani yang ada di wilayah Jayapura dan Keerom.

"Tentunya dengan harapan bahwa apa yang kami sudah hibahkan kepada Gapoktan agar digunakan dan dirawat dengan baik sehingga masa pakainya bisa bertahan lama dan kami berharap bahwa dengan adanya bantuan alat mesin pertanian ini dapat meningkatkan mutu da hasil pertanian masyarakat besum secara maksimal," kata Joko Supratikto.

Sementara itu, Isak Welem Wadi selaku Kepala Kampung Besum menyampaikan terimakasih banyak kepada Dandim 1701/Jayapura dan Bank Indonesia atas sumbangsihnya dalam membantu para petani yang ada di kampungnya dengan memberikan satu unit alat mesin pertanian berupa handtraktor.

"Sehingga dengan adanya alat ini, kami dapat lebih meningkatkan mutu dan hasil pertanian kami secara maksimal," katanya. (*)

Pewarta : Pewarta: Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024