Jayapura (Antaranews Papua)  - Manajemen PT Pelindo IV (Perssero) Cabang Jayapura tengah membenahi saran pendukung di Pelabuhan Jayapura dalam mengantisipasi terjadinya lonjakan arus mudik pada momentum liburan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

"Sejauh ini, kita sifatnya masih melakukan pembenahan beberapa fasilitas di pelabuhan ini, seperti ruang tunggu yang akan kita lakukan penambahan jumlah kapasitas," ujar General Manager Pelindo IV Cabang Jayapura, Hardin Hasjym, di Jayapura, Senin.

Ia menjelaskan khusus di Jayapura, angkutan laut masih menjadi salah satu pilihan utama saat momen tersebut karena tarif angkutan udara jauh lebih mahal dibanding hari biasa.

Peningkatan bukan hanya dari sisi penumpang, tetapi juga pada arus barang yang masuk ke Pelabuhan Jayapura dimana pada akhir tahun selalu ada peningkatan.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Pelindo Jayapura juga akan menambah jumlah petugas yang bertugas agar pelayanan kepada penumpang dan barang bisa tertangani dengan baik.

"jelang masa peak season ini, tentunya kita juga akan melakukan penambahan jumlah petugas yang akan ditempatkan membantu kelancaran, penertiban pada saat embarkasi dan debarkasi jelang Natal dan Tahun Baru," katanya.

Hardin menambahkan kini Pelindo terus melakukan masih melakukan koordinasi dengan pihak KSOP dan Kementerian Perhubungan terkait dengan pembentukan Tim Satuan Tugas (Satgas) menjelang Natal dan Tahun Baru.

Satgas tersebut dikatakanny sudah rutin dibentuk untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang dan barang menjelang momen perayaan hari besar keagamaan.

Pewarta : Dhias Suwandi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024