Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Provinsi Papua menyebut pagelaran seni dan budaya nusantara yang dilaksanakan Balai Pelestarian Nilai Budaya merupakan ajang untuk mempromosikan potensi wisata di wilayah itu.

Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro dalam siaran pers yang diterima Antara di Jayapura, Selasa, mengatakan ajang tersebut dinilai sangat tepat diselenggarakan sebagai upaya dalam menggali, membina dan mengembangkan serta melestarikan potensi seni budaya yang memiliki nilai-nilai moral dan etika termasuk kearifan lokal.

"Kami berharap pagelaran ini dapat dikemas dengan baik supaya ke depan bisa menjadi ajang yang di gelar setiap tahun," katanya.

Menurut Giri, jika menghayati pagelaran seni dan budaya nusantara dengan sungguh-sungguh maka dapat mempengaruhi kesadaran untuk termotivasi menjadi manusia yang berkarakter mulia.

"Khusus bagi anak-anak muda Papua jika meresapi ini dengan baik maka akan menjadi generasi yang berguna bagi bangsa dan negara," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya menilai dengan pertunjukan oleh seniman dari berbagai latar yang merupakan semangat anak-anak negeri dalam sebuah negara yang berakar pada adat dan budaya bangsa serta beralaskan semangat gotong royong.

"Jadi, pagelaran budaya nusantara ini memperlihatkan bagi kami bahwa sesungguhnya bangsa ini sangat kaya dalam hal seni dan budaya dengan kemajemukan etnis yang dimilikinya dan hidup dengan kerukunan yang harmonis," katanya lagi.

Sekadar untuk diketahui pagelaran budaya yang mengangkat tema "Harmoni Budaya Mempersatukan Bangsa" berlangsung di kawasan obyek wisata Pantai Khalkote, Sentani, Kabupaten Jayapura pada Kamis (28/7).

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024